Cari Artikel Buah

Pengertian Buah Kering

Yang dimaksud dengan buah kering adalah buah-buahan yang kandungan airnya telah dihilangkan dengan cara dikeringkan baik secara alami yaitu dengan cara dijemur dibawah sinar matahari atau dikeringkan dengan alat pengering khusus seperti oven atau dehydrator namun tanpa menghilangkan rasa dan aroma asli dari buah tersebut.

Tujuan pembuatan buah kering adalah :

  • Memperpanjang masa simpan buah tersebut tanpa khawatir akan cepat membusuk
  • Membuat buah yang hanya berbuah pada masa tertentu bisa dinikmati setiap saat
  • Sebagai makanan alternatif dari buah segar
  • Sebagai bahan campuran dalam pembuatan kue

Buah kering adalah salah satu camilan sehat yang telah dikonsumsi secara luas diseluruh dunia karena nutrisi yang terkandung didalam buah kering sama persis dengan nutrisi yang terkandung pada buah tersebut dalam keadaan segar.

Perbedaan antara buah kering dan buah segar adalah terletak pada kandungan airnya saja, bila pada buah segar memiliki kandungan air yang cukup banyak maka pada buah kering tidak memiliki kandungan air atau hanya memiliki sedikit sekali kandungan air.

Saat ini produksi dan industri pengolahan buah kering terus berkembang karena masyarakat bersedia membayar lebih mahal untuk mendapatkan buah kering dari pada buah tersebut saat masih dalam keadaan segar sehingga para produsen terus berinovasi dan membuat lebih banyak jenis buah kering untuk dijual.

Contoh buah yang sering dijadikan buah kering :

    gambar buah kering
  1. Apel
  2. Aprikot
  3. Ara
  4. Blueberi
  5. Ceri
  6. Kismis
  7. Kiwi
  8. Kurma
  9. Mangga
  10. Nanas
  11. Pepaya
  12. Pir
  13. Pisang
  14. Strawberi
  15. Tomat
Terima kasih telah mengunjungi situs Buah AZ, bila menurut anda artikel tentang definisi dan manfaat buah kering ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman-teman anda menggunakan tombol media sosial dibawah ini !.

0 Response to "Pengertian Buah Kering"

Posting Komentar