Buah alpukat (Persea Americana Mill) merupakan buah yang berasal dari negara Meksiko dan wilayah Amerika Tengah. Buah berbentuk bulat lonjong (elips) panjang buah antara 10 Cm – 20 Cm, dengan kulit luar buah tipis berwarna hijau atau kecoklatan.

Buah alpukat memiliki daging buah yang tebal berwarna hijau muda pada bagian yang dekat dengan kulit buah dan warna kuning seperti mentega pada bagian yang dekat dengan biji. 

Biji buah berbentuk bulat dengan diameter antara 2,5 Cm – 5 Cm. Rasa daging buah apabila belum masak agak pahit, sedangkan bila sudah masak rasanya lezat bertekstur lembut dan lunak.

gambar buah alpukat

Ciri buah yang sudah masak apabila di tekan sudah lunak, serta apabila digoyangkan buahnya (dikocok) akan terdengar koplok dimana biji buah sudah tidak melekat lagi pada daging buah. Untuk cara pemeraman yang tradisional buah yang belum masak dapat ditimbun pada suatu wadah dengan beras didiamkan sekitar 2 – 3 hari buah sudah lunak dan masak (matang).

Buah alpukat cukup populer dan digemari untuk dikonsumsi pada masyarakat Indonesia, selain dapat mengkonsumsi langsung buah yang sudah masak, hampir dapat dipastikan selalu ada buah alpukat pada usaha jus buah-buahan, selain itu tentunya sebagai pelengkap pada pembuatan es campur.

Banyak kandungan nutrisi dan manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah alpukat ini, terutama sekali kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam bentuk asam oleat. Namun pemanfaatannya tidak selalu dikonsumsi saja, buah yang sudah masak dapat dilumatkan untuk dijadikan masker pada wajah atau tubuh. Tentu saja dengan kandungan nutrisinya diharapkan dapat memberikan kesehatan dan kesegaran pada kulit wajah dan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat


Komposisi Jumlah Komposisi Jumlah
Air 72,23 g Vitamin C 10 mg
Energi 160 kcal Thiamin 0,067 mg
Karbohidrat 8,53 g Riboflavin 0,13 mg
Gula 0,66 g Niasin 1,74 mg
Diet serat 6,7 g Asam Pantotenat 1,39 mg
Lemak 14,66 g Vitamin B6 0,26 mg
Asam lemak jenuh total 2,126 g Folat 81 µg
Asam lemak tak jenuh tunggal 9,80 g Kolin 14,2 mg
Asam lemak tak jenuh ganda 1,82 g Karoten, Beta 62 µg
Protein 2 g Karoten, Alpha 24 µg
Kalium 485 mg Cryptoxanthin 28 µg
Kalsium 12 mg Lutein + Karotenoid Zeaxhantin 271 µg
Besi 0,55 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 29 mg Vitamin A, RAE 7 µg
Fosfor 52 mg Vitamin A, IU 146 µg
Sodium 7 mg Vitamin E 2,07 mg
Zinc 0,64 mg Vitamin K 21 µg
Nilai kandungan nutrisi alpukat per 100 g (3,5 oz)
Sumber : USDA Nutrient Database

Artikel buah lainnya :


Tips membuat masker dari buah alpukat untuk kulit wajah

Bahan yang disiapkan :
  • Buah alpukat yang sudah masak 1 – 2 buah
  • 2 sendok makan madu murni
  • 2 sendok makan yoghurt
Cara pembuatan :
Haluskan buah alpukat sampai lumat (lebih praktis diblender), masukkan dalam sebuah wadah, lalu campurkan madu murni serta yoghurt aduk sampai merata, masker buah alpukat siap digunakan.

Cara pemakaian :
Oleskan secara merata masker buah alpukat pada kulit wajah anda terkecuali bagian mata, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah selesai anda tinggal membersihkan masker yang menempel dengan air hangat. 

Dengan melakukannya secara rutin dan teratur anda akan mendapatkan kulit wajah yang sehat karena penggunaan masker buah ini aman dan alami tanpa efek samping sedikitpun.

Semoga informasi buah yang disampaikan oleh buahaz.com ini dapat menambah pengetahuan dan berguna bagi anda.

0 Response to "Buah Alpukat"

Posting Komentar