Dear sahabat pembaca buah A-Z, untuk kali ini penulis akan kembali menyampaikan info buah dan buah yang akan kita bahas kali ini adalah tentang buah apel. Setiap orang tentunya sudah mengenal dan pasti menyukai buah yang satu ini, mudah sekali untuk mendapatkan dan memperolehnya tidak seperti buah carica yang pernah kita bahas sebelumnya. 

Hampir dapat dipastikan selalu ada stok buah apel di kios pinggir jalan, kios di pasar tradisional sampai stand buah di sebuah supermarket. Memetik buah apel dari pohonnya dan langsung memakannya memberikan pengalaman tersendiri yang hanya bisa didapatkan pada beberapa tempat agrowisata buah.

Buah Apel (Malus Domestica) selain memiliki rasa yang nikmat menyegarkan dan beberapa khasiat dari nutrisi yang dikandungnya, juga memiliki tampilan bentuk yang elegan. Pada buah yang sudah masak (matang) memiliki warna yang menarik, umumnya berwarna merah cerah atau merah tua (merah marun) namun ada juga yang berwarna hijau dan kuning mirirp seperti warna kulit buah aprium. Dari penampilan bentuk dan warna dari buah apel terkadang diserupakan dengan jenis buah lainnya seperti penamaan pada buah tomat apel atau jambu apel.
gambar buah apel
Banyak versi sejarah tentang asal muasal buah apel yang kita kenal sekarang ini. Kemungkinan pohon apel telah tumbuh dan buahnya dikonsumsi manusia sejak zaman batu (masa prasejarah dimana batu banyak digunakan sebagai alat memotong dan sebagai senjata).

Definisi Buah Apel

Buah apel adalah buah berbentuk bulat lonjong yang berasal dari pohon apel yang pohonnya bisa ditemukan di banyak tempat diseluruh dunia dengan varietas yang berbeda-beda. Buah apel memiliki kulit tipis yang umumnya terdiri atas 3 warna yaitu merah, kuning dan hijau sedangkan daging buahnya umumnya berwarna krem, sedikit keras tetapi renyah dan memiliki rasa yang manis dengan sedikit campuran rasa asam.

Para ahli sejarah telah melakukan penelusuran dan menyatakan buah apel berasal dari wilayah barat daya Benua Asia, kemungkinan lainnya asal aslinya dari Negara Kazakhstan, Asia Tengah. Kemungkinan buah apel dibudidayakan pertama kali dalam komoditas pertanian. Kini tanaman apel telah tumbuh hampir di seluruh dunia dengan berbagai jenis dan varietas yang berbeda-beda.

Tanaman apel masuk ke Indonesia diperkirakan sekitar Tahun 1930-an. Penanaman pertama kali dilakukan di wilayah Nongkojajar (Kabupaten Pasuruan), Jawa Timur. Beberapa varietas buah apel yang di tanam di Indonesia antara lain Rome Beuty, Princess Noble, Manalagi, Anna, Wangli dan sebagainya.

Wilayah Batu Malang Jawa Timur melakukan penanaman buah apel pada sekitar Tahun 1960. Hingga saat ini di wilyah Malang dan Pasuruan menjadi sentra produksi buah apel di Indonesia.

Buah apel umumnya berbentuk bulat, pada jenis tertentu bagian ujung buah agak sedikit lonjong. Pada bagian tempat tangkai buah terdapat cekungan ada yang datar ada yang agak dalam tergantung dari jenis buah. Kulit apel yang telah masak (matang) licin dan mengkilap dengan ketebalan kulit buah yang berbeda pula tiap jenisnya.

Daging buah berwarna putih, ketika dimakan akan terasa renyah dan berair, memiliki rasa buah ada yang manis, ada pula yang manis dengan rasa sedikit asam dengan aroma khas buah apel yang harum dan menyegarkan.

Kandungan Nutrisi Buah Apel


Komposisi Jumlah Komposisi Jumlah
Energi 52 Kcal Vitamin C 4,6 mg
Karbohidrat 13,81 g Vitamin A 3 ug
Gula 10,39 g Vitamin B1 0,017 mg
Serat 2,4 g Vitamin B2 0,026 mg
Protein 0,26 g Vitamin B3 0,091 mg
Lemak 0,17 g Vitamin B5 0,061 mg
Air 85,56 g Vitamin B6 0,041 mg
Folat 3 ug Magnesium 5 mg
Fosfor 11 mg Besi 0,12 mg
Kalsium 6 mg Zinc 0,04 mg
Kalium 107 mg
Demikianlah ulasan tentang buah apel yang bisa kami sampaikan, pada artikel berikutnya kami akan membagikan gambar clipart buah apel yang bisa anda gunakan untuk mempercantik tampilan slideshow pada power point atau program office lainnya.

0 Response to "Buah Apel"

Posting Komentar