Dear sahabat pembaca buah A-Z, untuk kali ini penulis akan menyajikaan pembahasan tentang buah belimbing, yang tentu saja buahnya sudah sangat dikenal baik oleh masyarakat di Indonesia pada umumnya. 

Buah belimbing (Averrhoa Carambola L) merupakan buah yang dihasilkan dengan baik pada wilayah yang memiliki iklim tropis.

Menurut peneliti tentang tanaman, buah belimbing berasal dari negara Indonesia, India dan Sri Langka. Kini penyebaranya sudah ke berbagai negara, diantaranya hampir keseluruhan wilayah Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga dan Polinesia.

Wilayah di Indonesia yang dikenal sebagai penghasil buah belimbing dengan kualitas cukup baik adalah Kota Demak, Jawa Tengah. Keunggulan buah yang dihasilkan adalah dari bentuknya yang besar dan rasa yang manis.
gambar buah belimbing

Kota Depok menjadikan buah belimbing sebagai ikon daerah, bukan tanpa sebab tentunya, masih banyak ditemui lahan perkebunan yang ditanami dengan pohon belimbing atau pekarangan rumah masyarakat yang memang sengaja menanam pohonnya. Sudah tentu banyak buah belimbing yang dihasilkan dengan kualitas yang tidak kalah baiknya.

Buah belimbing memiliki bentuk yang khas dan unik, mudah membedakannya dari buah lainnya, bentuknya oval dengan dinding buah bagian luarnya bersiku meruncing membentuk segitiga, memiliki lapisan kulit yang licin, apabila dipotong penampang buah akan berbentuk seperti bintang, oleh karenanya dalam Bahasa Inggris buah ini disebut star fruit.

Rasa buah belimbing ada yang manis, ada juga yang manis keasaman. Buah ini banyak mengandung air dan sangat menyegarkan ketika kita memakannya.

Jenis-Jenis Buah Belimbing

Ada beberapa varietas unggulan dari buah belimbing manis yang dikembangkan di Indonesia, diantaranya :
  1. Belimbing Demak dengan warna putih kekuningan

  2. Belimbing Bangkok kemerahan

  3. Belimbing Sembiring kekuningan

  4. Belimbing Malaya kuning keemasan

  5. Belimbing Madu orange

  6. Belimbing Wulan kuning kemerahan

  7. Belimbing Dewi kuning.
Jenis belimbing lain yang mudah ditemukan adalah belimbing sayur (Averrhoa Bilimbi) yang memiliki bentuk lebih kecil dengan warna hijau kekuningan, rasa buahnya sangat asam bila dikonsumsi langsung. Biasanya penggunaannya untuk campuran memasak sayur atau diolah menjadi sirup yang menyegarkan.

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing


Komposisi Jumlah Komposisi Jumlah
Energi 31 Kcal Vitamin C 34,4 mg
Karbohidrat 6,73 g Vitamin E 0,15 mg
Protein 1,04 g Vitamin K 0 ug
Lemak Total 0,33 g Vitamin A 61 IU
Kolesterol 0 g Sodium 2 mg
Diet Fiber 2,80 g Potassium (Kalium) 133 mg
Folat 12 ug Phosfor 12 mg
Niacin 0,367 mg Kalsium 3 mg
Pyridoxine 0,017mg Besi 0,08 mg
Ribovlavin 0,016 mg Magnesium 10 mg
Thiamin 0,014 mg Zinc 0,12 mg
Nilai nutrisi per - 100 g
Sumber : USDA National Nutrient Database

Semoga informasi yang disampaikan oleh buahaz.com mengenai buah belimbing ini dapat menambah pengetahuan dan berguna bagi anda. Simak juga artikel tentang "Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh" yang telah lebih dahulu kami sampaikan.

0 Response to "Buah Belimbing"

Posting Komentar