Cari Artikel Buah

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

Buah belimbing  yang memiliki nama Latin Averrhoa Carambola L. merupakan salah satu buah yang bisa tumbuh berkembang dengan baik pada wilayah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Selain memiliki rasa yang enak, buah belimbing juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat buah belimbing tersebut akan buahaz.com uraikan secara lengkap dibawah ini.

manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh

Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh


1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Buah belimbing mengandung banyak serat, utamanya serat pektin, dimana setelah dilakukan penelitian serat dari belimbing ini mampu menyerap lemak dalam darah, sehingga dampaknya  menurunkan tekanan darah. 

Disamping itu kandungan mineral dan elektrolit seperti potassium (kalium), zinc, besi, phosphor yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh manusia juga ikut membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah agar tetap stabil.

2. Sebagai Anti Oksidan
Vitamin C yang terkandung pada buah-buahan merupakan antioksidan alami yang baik, kandungan vitamin C yang tinggi serta kandungan antioksidan polifenol plavonoid pada buah belimbing bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari gangguan virus, infeksi dan efek dari radikal bebas  sebagai pemicu terjadinya kanker.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
Kandungan serat pektin dari buah belimbing yang merupakan serat kasar akan mengikat kolesterol dan asam empedu dalam pembuluh darah, sehingga kadar kolesterol dalam darah dapat ditekan. Mengkonsumsi secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Memberi Kesehatan Pada kulit wajah
Buah belimbing dapat dimanfaatkan dalam perawatan kulit wajah, kandungan vitamin A dan C didalam buah belimbing diyakini dapat mengatasi berbagai permasalahan yang biasa terjadi pada kulit wajah,  diantaranya seperti mengontrol kadar minyak pada kulit wajah, mengurangi komedo di wajah, mengobati jerawat, mengatasi kulit wajah yang kasar dan kusam.

Dengan melakukan perawatan secara rutin untuk kulit wajah dengan buah belimbing maka didapatkan kesegaran dan kesehatan dalam peremajaan kulit serta efek penuaan dini bisa dicegah.

Selain memiliki manfaat yang luar biasa seperti yang telah saya sampaikan diatas, ternyata buah belimbing juga mempunyai efek samping yang negatif. Jadi agar tidak salah sebaiknya anda juga menyimak efek samping buah belimbing berikut ini :

Efek Samping Dari Buah Belimbing


Untuk orang-orang tertentu saja yang tidak disarankan mengkonsumsi buah belimbing  seperti  penderita penyakit batu ginjal, gagal ginjal atau orang dibawah perawatan dialis ginjal.

Menurut penelitan kandungan asam oksalat dalam buah belimbing sangat tinggi. Tentu bila orang yang sehat apabila mengkonsumsi buah belimbing tidak akan menimbulkan efek yang negatif sedikitpun karena asam oksalat akan tersaring dan dibuang oleh ginjal, namun tidak untuk penderita ginjal karena asam oksalat tidak dapat disaring ginjal sehingga terjadi sumbatan yang akan memperparah keadaan ginjal tersebut. 

Demikianlah pembahasan mengenai buah belimbing dilihat dari sudut pandang kesehatan yaitu manfaat buah belimbing dan juga efek samping yang bisa ditimbulkan oleh buah belimbing tersebut. Jangan lupa untuk juga membaca : Manfaat Buah Aprium Bagi Kesehatan Kita dan juga Fakta Buah Belimbing.

0 Response to "Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar